Minggu, 20 Juli 2008

“Keberuntungan adalah apa yang terjadi ketika persiapan bertemu dengan kesempatan”


Pernahkah anda mendapati sebuah keberuntungan yang datang secara tiba-tiba kepada anda tetapi anda hanya bisa melihat dan membiarkannya lewat tanpa bisa berbuat apa-apa untuk bisa meraihnya…. Seorang ahli drama, ahli filsafat dan politikus berkebangsaan romawi yang hidup pada pertengahan abad ke-1 Masehi yaitu Seneca. Mengatakan bahwa “ Luck is what happens when preparation meets opportunity” yang secara matematis bisa dibuat rumus sebagai berikut :

Keberuntungan = Kesempatan X Persiapan

(Bukan : Kesempatan + Persiapan)

Dapat dijabarkan bahwa unsur keberuntungan mempunyai dua bagian yaitu yang pertama kesempatan atau peluang dan salah satu unsur lainnya yang juga tak kalah pentingnya adalah Persiapan.

Jadi dapat disimpulkan keberuntungan merupakan hasil kali antara kesempatan dengan persiapan bukan kesempatan ditambah dengan persiapan agar keberuntungan dapat kita raih. Artinya apabila salah satu unsur tersebut tidak terpenuhi atau bernilai nol hasilnyapun menjadi nihil.

Contoh ketika saya sendiri mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan kuliah di Politeknik Negeri Bandung yang pada saat itu hanya punya dana setengahnya saja dan mengajukan bantuan ke orang tua dan orang tua masih mampu akhirnya menyetujui. Tetapi sayang ternyata saya terlalu meremehkan test uji masuk dan benar pada saat ujian saya hanya bisa menyelesaikan kurang dari separoh soal yang diberikan. Padahal semua soal yang diberikan tidak jauh beda dengan soal test yang diujikan beberapa tahun belakangan. So….hilanglah kesempatan itu..(Ragil Setyo Nugroho)

Tidak ada komentar: