Minggu, 27 Juli 2008

hikmah..hikmah di balik kegagalan beruntun...


Selamat bertemu lagi di Blog sederhana ini..

Saya ingin menulis beberapa catatan kecil perjalanan karir saya.

Saya lulus pada pertengahan tahun 2006 yang memperoleh gelar profesi sebagai asisten apoteker yang saya tamatkan di SMFK Bina Farma Madiun.

Akhirnya lulus juga dengan nilai matematika UN 10 Bulet ….he..he… bangga ya!! Jangan salah dulu ! ni hasil korupsi sebesar 2.5 % sebenarnya Cuma mendapat 9.75 ya karena tergiur nafsu untuk jadi sempurna walopun Cuma 1 soal…memang “kejujuran” itu mahal harganya…

Saat itu banyak perusahaan farmasi seperti PT Guardian( jaringan guardian group), centaury group, PT. Pharos.Melawai. Mengadakan tes penerimaan karyawan baru hampir semua mengikuti tes penerimaan saringan termasuk saya sendiri dengan seribu impian menjadi sukses apabila ketrima.dari tes-tes yang saya ikuti tak ada satupun berhasil lolos…gagal lagi-gagal lagi!!!

Sempat berpikir “ada apa dengan diriku ini?” sudah banyak teman-teman yang sudah bekerja dan menghasilkan gaji aku ? masih nganggur!!

Ada lagi satu kesempatan yaitu sebuah rumah sakit yang lumayan elite terletak di Jakarta utara kelapa gading.Rumah Sakit Gading Pluit. Sepertinya wah.. suatu kebanggaan bisa menjadi karyawan Rumah sakit tersebut..

Anehnya pada waktu tes hasilnya :???? Satu kata “gagal lagi” apa sebabnya? Hampir tiap saat Cuma mikir tentang jawabnya!! Yang lolos dan mengikuti tes saringan ke-2 berjumlah 12 orang dengan kesempatan ½.jadi hanya menerima 6 orang.tapi ada keberuntungan lain..secara tak diduga saya tetap dapat mengikuti ujian saringan kedua walopun saringan pertama saya tidak lolos..Alhamdulillah…

Pada tanggal 12 Juli 2006 setelah acara wisuda selesai kami berdua belas langsung bersiap-siap segera ke Jakarta dengan jadwal kereta pukul 5 sore. Dengan naik kereta Matarmaja (kelas ekonomi=merakyat=banyak rakyat berkumpul disitu) hasil akhirnya???? Desel-deselan,umpek-umpekan bahasa indonya desak-desakkan..

Tahukah sifat rakyat kita ini? Suka berdesak-desakkan,suka keramaian! But mau gimana lagi,it’s culture!

Beberapa cewek sudah merasa pusing dan mual karena udara yang sangat pengap dan asap rokok dari para calon kankerman. Dengan terpaksa turunlah di stasiun solo 5 orang dan memilih melanjutkan dengan naik bus. Saya? Masih bertahan!! He..he…(dah terlatih!!)

Setelah tiba besoknya langsung test uji saringan ke-2.. soalnya sama seperti uji saringan pertama dan anehnya lagi!! Saya melakukan kesalahan yang sama seperti waktu uji saringan pertama… gagal maning!! (menurut bahasa My Mother àkebumen city)

Meski hat saya iri ma temen-temen, tapi inilah jalanku! Tuhan punya rencana lain yang hebat untukku!! Tapi kesedihanku tetap tak bisa kusembunyikan!!

Saya mencoba tetep bertahan dijakarta. Pontang-panting bersama sisa temen mengadu nasib bermodalkan nekat dan bertmankan metromini nglamar di JSC(Jakarta Skin Center) naruh doank sampai saat ini g pernah dipanggil…he..he.. temen-temen pada rontok satu persatu pulang kedaerah asal..

Tuhan membuka jalan lain da lowongan di Klinik Global Medika saya ambil juga…kalo masalah gaji sih masih jauh dari standard but it’s way from God!! I believed!

Setelah satu tahun kejenuhan mulai menggerayangi kepingin kuliah.. kutentukan untuk malanjutkan di Politeknik Negeri Bandung..saya merasa bangga! Menunjukkan pada temen-temn,”hey aku mau kuliah di POLBAN nih!” sombong,congkak merasa paling beruntung…

Hari test pun tiba..soal sepertinya mudah tetapi ada satu masalah rumusnya lupa…(hal sepele juga kan?) akhirnya apa? Gagal meneh!! Malu juga ma temen-temen yang telah mendoakan untukku..

Tapi saya mempunyai tekad untuk kuliah tahun ini..dengan sisa uang yang ada..(tabungan ? habis-bis)

Hikmahnya sudah mulai aku rasakan hingga sekarang. Pertanyaanya sekarang?

  1. Mengapa dulu tidak ketrima di Guardian,Century,Pharos? Jawabnya agar aku dapat mengikuti tes Masuk di RS. Gading Pluit
  2. Mengapa masih tidak ketrima juga saat tes uji saringan di RS. Gading Pluit? Jawabnya agar aku tidak kepedean(terlalu berharap)
  3. Mengapa masih di beri kesempatan untuk mengikuti uji saringan kedua? Jawabnya agar aku dapat keluar dari madiun dan menuju Jakarta.
  4. Mengapa masih gagal lagi dalam uji saringan kedua? Jawabnya adalah agar aku dapat bekerja di Klinik Global Medika,agar aku lebih mengenal banyak pribadi type orang alias open minded!

Apa yang sudah saya dapat?

  1. Sekarang kuliah sudah menginjak semester 3
  2. Punya banyak relasi (teman kuliah maupun dari seminar-seminar)
  3. Mengenal tokoh-tokoh besar (jadi kecanduan buku2 personal development dan biografi tokoh2 dunia)
  4. Mengenal keahlian dasar keperawatan..(sering Bantu dokter dalam operasi minor misal korban kecelakaan,khitan,keracunan dll)
  5. Bisa keliling Jakarta (60% hafal jalan Jakarta), maen ke bogor, bandung, bekasi, tangerang.
  6. Dapat pulang kampong 6 bulan sekali (bisa sampe 6-10 hari dikampung) sampe marem, sampe maremnya hingga males balik!
  7. Mengikuti seminar-seminar personal development, financial, marketing, ikut organisasi Tangandiatas.
  8. Alhamdulillah sekarang sudah mengelola sebuah Blog sederhana ini…he..he… ( cita2 pengin jadi penulis)

Mau tahu jabatan saya sekarang? Marketing & Development, Author, Technical Support (keren nih!!)

Coba kalau saya berpikiran lain??? Don’t forget!! Always open mind!

“berpikirlah besar untuk menjadi besar, berpikir itu gratis!!”

Salam Fuun Tastic…

Tidak ada komentar: